Keluarga Samawa

Tips Keluarga Sakinah Menjalani Pernikahan

CAHYALOKA.COM – Merupakan kebahagiaan tersendiri melihat dunia ini dipenuhi dengan orang-orang yang optimis dan memiliki niat baik untuk membangun sebuah keluarga yang tentunya selalu mempresentasikan semua hal tentang kebaikan. Yang lebih membuat kami bahagia lagi adalah kalian datang dan meluangkan sedikit waktu untuk membaca tulisan tentang semua yang kami ketahui tentang pernikahan.

Terlepas dari laki-laki atau perempuan, Abi dan Ummi merupakan pribadi yang luar biasa sehingga merasa perlu untuk mencari sebuah arahan dan masukan dengan membaca sedikit cara membangun keluarga yang sakinah. Hal tersebut karena membaca adalah hal yang selalu menyenangkan sekaligus membawa kita ke level manusia dengan budi dan pekerti yang baik, manusia yang dalam perjalanannya dibekali pengetahuan yang cukup sehingga dapat membawa keluarganya ke arah yang lebih baik.

Jika kita berbicara tentang tips keluarga sakinah, Alquran adalah sebaik-baiknya media untuk dipelajari dan isinya yang tanpa celah dalam memberikan semua kebaikan guna menuju #keluarga yang sakinah. Sunah dan hadis juga merupakan sesuatu yang harus dipertimbangkan dan dibaca baik-baik karena setiap isinya selalu mengandung kebaikan. Nah, berikut adalah hal yang bisa kalian terapkan guna menuju keluarga yang baik.

Kriteria yang Tepat

Tips keluarga sakinah yang pertama adalah kriteria yang tepat. Apakah Abi dan Ummi sudah memilih istri atau suami dengan kriteria yang tepat? Kriteria di sini adalah standar yang dimiliki setiap pribadi untuk memutuskan sebuah pilihan. Karena setiap orang berbeda, memilki kriteria yang tidak sama, Islam mengajarkan kita untuk memilih mereka yang baik, seperti beragama, saleh atau salihah, berasal dari keturunan baik-baik, dan berakhlak mulia. Hal tersebut merupakan hal yang diwajibkan dalam Islam untuk seorang calon istri maupun suami.

Cinta yang Membara dan Menggebu (Mawaddah)

Tips keluarga sakinah yang kedua adalah cinta yang membara dan menggebu (mawaddah), kasih sayang yang lembut, serta siap berkorban dan melindungi kepada yang dikasihi (rahmah). Hal demikian tercantum jelas dalam Alquran.

Dan, di antara tanda-tanda kebesaran-Nya ialah Ia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih (mawaddah) dan sayang (rahmah). Sungguh pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kamu yang berfikir,” (Q.S. Ar Rum 30: 21)

Pengertian yang Tidak Ada Habisnya

Tips keluarga sakinah yang ketiga adalah pengertian yang tidak ada habisnya. Dalam hal ini, dibutuhkan kerja sama keduanya untuk saling mengerti, memaklumi, dan sabar ketika masalah datang kepada keduanya. Hal ini karena tidak selamanya kehidupan berkeluarga berjalan seperti yang diinginkan. Selalu ada kerikil tajam di setiap perjalanan yang akan Abi dan Ummi lalui. Oleh karena itu, selalulah berusaha untuk hati-hati dalam berucap dan bertindak dan bunuh ego masing-masing.

Terima Segala Kelebihan dan Kekurangan Pasangan

Tips keluarga sakinah keempat adalah terimalah segalah kelebihan dan kekurangan pasangan. Manusia diciptakan dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Abi dan Ummi menikahi seorang laki-laki maupun perempuan yang tidak sempurna. Cobalah untuk terima keduanya karena yang kita nikahi adalah manusia dan tidak ada manusia yang sempurna, bahkan Nabi sekalipun. Terima kelebihan dan kekurangan masing-masing dan seyogyanya hidup kalian akan dipenuhi rasa cukup.

Keempat tips keluarga sakinah di atas merupakan hal yang sederhana untuk diterapkan. Semoga tips tersebut bermanfaat. Tidaklah mudah menuju keluarga sakinah, tetapi jika kita telah berusaha dengan mencari ilmu dan dasar yang tepat, usahanya tidak akan sia-sia. Jadi, sudah siap menikah dan membangun keluarga sakinah? Yuk, ke KUA!

Reaksi anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Lihat Juga

Kriteria Keluarga Samara

CAHYALOKA.COM – Yang dimaksud dengan tipe keluarga samara adalah keluarga yang sakinah, mawadah, wa rahmah. …