Selasa , 16 Agustus 2022
kepuasan pernikahan

Marital Satisfaction

CAHYALOKA.COM – Marital satisfaction atau kepuasan pernikahan adalah perasaan yang bersifat subjektif dari pasangan suami istri mengenai kualitas pernikahannya secara menyeluruh.

Beberapa diantaranya adalah seperti rasa bahagia, rasa puas, serta pengalaman-pengalaman yang menyenangkan bersama pasangannya yang dirasakan secara individual.

Karena sifatnya yang sangat personal, maka marital satisfaction akan sangat tergantung dari sudut pandang masing-masing pasangan dalam memaknai arti pernikahan itu sendiri.

Jika pernikahan hanya dipandang sebagai alat untuk mencapai kebahagian semata, maka hal ini akan menjadi sulit jika suatu saat kita bertemu dengan situasi yang mengecewakan dalam pernikahan.

Padahal, pernikahan adalah gabungan dua perbedaan yang memiliko resiko besar timbulnya kekecewaan akibat perbedaan tersebut.

Beberapa aspek yang menentukan kepuasan pernikahan yaitu isu kepribadian, komunikasi, pemecahan masalah, manajemen finansial, kegiatan di waktu luang, kedekatan secara fisik dan psikis, anak dan pengasuhan, keluarga dan teman-teman, kesamaan peran, dan orientasi agama.

Dan diantara yang terbanyak menjadi penyebabnya adalah kepribadian pasangan, hubungan yang dekat baik secara fisik dan psikis juga adanya komunikasi sehat yang berjalan dua arah antar masing masing pasangan.

Selengkapnya, yuk kita kupas satu persatu pada video berikut:
Selamat menyaksikan…

Lihat Juga

Kesabaran Asma Dalam Mendampingi Zubair

Tak ada yang paling dibutuhkan dalam hidup ini selain kesabaran. Sabar adalah jalan menuju kemenangan. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *