Sabtu , 19 Oktober 2019
Pemberdayaan Perempuan di Taman Baca

Taman Baca Yang Menginspirasi

CAHYALOKA.COM – Entah kekuatan dari mana yang mendorong sekumpulan Ibu-Ibu generasi emas itu merapatkan barisan, hingga berdirilah sebuah Taman Baca di tengah-tengah Perumahan Pekayon Indah Bekasi. Mereka bahu membahu untuk merintis fasilitas ini dari nol. Adanya kegelisahan tentang berbagai permasalahan yang ada di sekitar lingkungan perumahan menjadi alasan kuat untuk menginisiasi terbentuknya Taman Baca (ManCa) ini.

Selain sebagai tempat untuk membaca, Taman Baca juga menjadi tempat pemberdayaan perempuan sekitar. Berbagai keahlian keterampilan diajarkan kepada warga sekitar agar dapat dijadikan sebagai peluang yang baik dalam menambah penghasilan ekonomi keluarga. Beragamnya skill yang dimiliki oleh para pengurus Taman Baca, justru memperkaya khasanah wawasan ketahanan hidup bagi para pengunjung Taman Baca yang rata-rata berada pada tingkat ekonomi menengah ke bawah. Bagi mereka, Taman Baca dapat dijadikan sebagai alternatif utama rekreasi yang murah meriah dan bermanfaat.

Banyaknya kegiatan yang ditawarkan oleh Taman Baca ini membuat mereka kerap terpilih sebagai salah satu lembaga non formal yang mendapatkan bantuan infrastruktur berupa bangunan layak pakai, serta sejumlah koleksi buku-buku ‘bergizi’ yang dapat memperkuat keberadaan Taman Baca ini hingga menjadi berdaya secara maksimal bagi masyarakat sekitar.

Salah satu kegiatan menarik yang baru saja dilakukan adalah pembekalan kegiatan liburan bermanfaat pada anak-anak pengunjung (khususnya yang dhuafa). Dalam kegiatan ini, anak-anak yang kurang lebih berjumlah 100 ini dikumpulkan dalam aula Taman Baca untuk bermain bersama, mendengar cerita interaktif yang kemudian ditutup dengan pembacaan doa serta pembagian goodie bag berupa perlengkapan alat sekolah dan snack  kepada seluruh pengunjung.

Wajah-wajah bahagia tampak menghiasi anak-anak yang telah sejak pagi sudah hadir dan mengikuti acara hingga selesai. Bagi mereka kegiatan semacam ini merupakan hadiah manis yang akan membekas disepanjang kehidupan mereka kelak. Bukan disebabkan oleh bingkisan yang mereka terima semata, namun lebih karena ada perhatian, kasih sayang, dukungan moril tanpa henti dari para  pengurus Taman Baca yang mampu membuat mereka untuk selalu rindu berkunjung kembali kesana. Taman Baca yang ‘ramah’ seperti inilah yang patut di apresiasi dan menjadi contoh bagi siapa saja yag ingin turut berperan serta dalam membangun bangsa ini lebih baik di masa depan.

Terimakasih Ibu-Ibu pengurus ManCa. Sungguh dari keikhlasan inilah, negeri kita akan banyak menghasilkan generasi kuat yang terus bergerak untuk kebaikan kita bersama.  [gkw]

 

#TamanBacaMasyarakat

Reaksi anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
WhatsApp Kami