Literasi Fair Depok Membaca

Literasi Fair di Penutupan Program Kelas Literasi Anak Depok

CAHYALOKA.COM – Selesai sudah serangkaian kegiatan #KelasLiterasiAnakDepok angkatan pertama untuk materi kepenulisan dasar. Kegiatan ini ditutup dengan penyelenggaraan acara bertajuk ‘Literasi Fair’. Setelah tiga bulan lamanya anak-anak usia 9 hingga 14 tahun yang berjumlah kurang lebih dua puluh anak ini mengikuti pelatihan kepenulisan. Maka pada bulan ke-empat atau sesi terakhir ini, mereka diperkenankan untuk mempublikasikan karyanya dalam ‘Literasi Fair’.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa program #KelasLiterasiAnakDepok merupakan program yang diselenggarakan oleh Cahyaloka Foundation, bekerja sama dengan Forum Lingkar Pena Depok (FLP Depok) dan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DISKARPUS) Kota Depok sejak bulan September 2018. Dari program ini, sebagai puncaknya para peserta meluncurkan buku kompilasi yang berjudul ‘Petualangan di Hutan’ pada acara penutupan program yaitu ‘Literasi Fair’.

Selain peluncuran buku, para peserta juga membacakan puisi hasil karya mereka yang mereka tulis sebagai tugas dalam kelas puisi. Mereka juga menampilkan video ungkapan terimakasih kepada ibu yang telah mereka rancang berdasarkan hasil pembelajaran dari kelas skenario dan vlog.

Acara ‘Literasi Fair’ ini tidak hanya dihadiri oleh peserta program saja, namun juga orangtua peserta dan masyarakat umum. Mereka tidak hanya menyaksikan penampilan peserta dan peluncuran buku tapi juga disuguhi oleh ‘talkshow’ bertema ‘Literasi Parenting’ yang diisi oleh pimred penerbit ‘Kata Depan’, Mbak Gita Romadhona.

Perwakilan dari DISKARPUS, Bunda Aisyah Rosalinda, dan juga dari DISDIK, Bunda Listiyawati, turut hadir mengikuti acara ini hingga selesai sebagai bentuk apresiasi terhadap gerakan literasi di Kota Depok. Selain itu hadir juga ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat Kota Depok, Kang Balad, yang aktif ikut mengembangkan gerakan #literasi di Kota Depok.

Terimakasih untuk semua pihak yang telah mendukung secara penuh terselenggaranya program ini sejak awal hingga akhir. Semoga program ini akan terus berkelanjutan demi mewujudkan Kota Depok sebagai ‘Kota Literasi’, dimana kegiatan membaca dan menulis menjadi penopang kemajuan kota yang semakin maju ke depan. [red]

Reaksi anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Lihat Juga

literasi anak

Kelas Literasi Anak Depok: Kelas Perdana Batch 2

CAHYALOKA.COM – Bertempat di Tibumi Rumah Kopi, Kota Depok, pada hari sabtu, 27 April 2019, …

WhatsApp Kami