Sabtu , 19 Oktober 2019
Klub Literasi

Gerakan Literasi “Klabing Alki”

CAHYALOKA.COM – Bulan Februari 2017 merupakan bulan yang dinanti-nanti oleh wali murid SDIT Al Haraki Kota Depok. Kegiatan membaca yang telah dicanangkan pada siswa-siswinya telah mendapatkan respon yang cukup baik oleh pihak sekolah dan wali murid. Program 15 menit membaca sebelum belajar serta tersedianya pojok baca di masing-masing kelas telah mampu memicu minat baca siswa-siswi dengan sangat baik.

Menindaklanjuti hal ini, komite sekolah dan perwakilan persatuan orang tua murid dan guru turut mendukung program ini. Dukungan yang diberikan berupa terbukanya  kesempatan  para wali murid agar dapat memanfaatkan perpustakaan untuk kegiatan membaca. Oleh karenanya, selain menyediakan buku anak-anak, sekolah juga memfasilitasi perpustakaan dengan buku-buku yang dapat dikonsumsi oleh orang dewasa.

Dengan terbentuknya kebiasaan membaca yang bersinergi antara sekolah, siswa dan orang tua maka kembali pihak sekolah bersama wali murid menginisiasi didirikannya klub baca sebagai sebuah gerakan yang diharapkan mampu mendampingi semangat literasi di lingkungan SDIT Al Haraki. Klub baca ini secara resmi di luncurkan pada tanggal 14 Februari 2017 di aula SDIT Al Haraki Kota Depok.

Peluncuran Klub Baca Wali Murid yang bernama Klabing Alki ini dikukuhan bersamaan dengan diadakannya pelatihan mendongeng dengan tagline “The Fun Of Story Telling” bagi para wali murid dan guru.  Pelatihan mendongeng ini bertujuan untuk menciptakan situasi yang nyaman terhadap tumbuh kembangnya semangat literasi antara siswa, sekolah dan orang tua. Orang tua yang membacakan buku pada anak-anaknya dengan metode mendongeng akan lebih mendekatkan anak-anak pada buku. Mendongeng-kan sebuah buku menjadi cerita menarik akan membuka peluang terbentuknya ikatan batin yang kuat antara anak-anak dan orang tua. Anak-anak akan belajar bahwa membaca buku adalah sebuah kegiatan yang menarik. Mendampingi anak-anak berkegiatan positif merupakan asupan gizi batin yang mengenyangkan sehingga membekas dengan sangat istimewa dalam memori bahagia mereka. Pada situasi inilah segala nilai-nilai yang ingin kita wariskan pada anak-anak akan lebih dapat diterima.

Sesi pelatihan ini berlangsung selama dua jam yang kemudian diakhiri dengan praktek bercerita dari para wali murid. Ke depannya klub baca ini akan rutin menyelenggarakan kegiatan seperti bedah buku untuk memacu dan mempertahankan semangat literasi yang telah terbina. (gkw)

#Literasi

Reaksi anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Lihat Juga

Kelas Literasi Anak Depok II-2018

Bahasa Literasi Bahasa Cinta

CAHYALOKA.COM – Alhamdulillah #KelasLiterasiAnakDepok sudah berjalan di sesi ke-2. Sungguh upaya ini menjadi penting untuk …

WhatsApp Kami