buah

Buah

Words In The Qur’an Challenge hari ke-21: “BUAH”

Ada berapa banyakkah buah-buahan yang kita kenal di dunia ini?

Banyak sekali pastinya. Masing-masing negeri punya buah khasnya sendiri dengan khasiat dan manfaat yang baik untuk tubuh kita.

Manfaat buah bagi tubuh kita diantaranya: sumber vitamin, sumber air dan gizi, sumber anti-oksidan, mencegah penyakit tertentu dan juga bisa sebagai obat luar tubuh.

Beberapa buah yang memiliki manfaat bagi kita diantaranya: pisang dapat membantu pencernaan pada usus dan menjaga kesehatan mata, mangga mengandung vitamin A, E dan C serta dapat mengurangi dehidrasi, pepaya menguatkan sistem imun tubuh, meredakan demam dan melancarkan pencernaan, stroberi sebagai antioksidan yang melawan zat radikal bebas, jeruk sangat baik untuk menstimulasi sistem kekebalan tubuh.

Dengan berbagai manfaat buah tersebut apakah kita tidak memperhatikan betapa Allah sangat menyayangi kita melalui banyaknya pilihan buah buahan yang bisa kita konsumsi.

Tidak berhenti sampai disitu, jika kita mengerjakan amal sholeh, Allah bahkan akan memberikan kita lebih dengan menyediakan buah-buahan yang lebih baik rasa, ukuran dan pohonnya kelak di surga, sehingga setiap kita mendapatkannya kita akan berkata, “inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu”.

Buah-buahan itu bisa kita pilih sesuai keinginan kita, yang berpasang-pasangan, yang bernaung dekat diatas penghuni surga sehingga sangat mudah untuk dipetik, banyak dan tidak berhenti berbuah serta tidak ada larangan untuk mengambilnya kapanpun dan sebanyak apapun.

Masya Allah… Tidakkah kita ingin menjadi bagian dari penghuni surga? Yang kelak tak hanya akan dijamu oleh buah-buahan terbaik saja, namun kita juga memiliki kesempatan terbaik bertemu dengan Allah Azza wa Jalla dan RasulNya.

Maka, nikmat mana lagi yang akan kita dustakan?

Wallahu’alam

📍 Sumber diskusi/berkisah:

“Anak-anak muda itu mengelilingi mereka dengan membawa buah-buahan yang mereka pilih.” (Surah Al Waqi’ah [56]:20)

Poin penjelasan:

  1. Bahwa Allah dengan kasih sayangNya telah menumbuhkan berbagai macam tanaman yang menghasilkan buah-buahan yang bermanfaat bagi tubuh kita
  2. Sebaik-baik buah-buahan yang ada di dunia ini kelak akan lebih baik lagi buah-buahan yang ada di surga, yang tumbuhnya tak mengenal waktu panen dan tak pernah habis
  3. Surga dihuni oleh orang-orang yang taat dan bertakwa pada Allah SWT.

Aktivitas:

  • Ayah dan Bunda dapat menggali pengetahuan ananda tentang buah-buahan yang mereka ketahui selama ini
  • Ayah dan Bunda dapat menambah informasi tentang buah-buahan dan manfaatnya pada ananda (bisa sambil bermain tebak-tebakan)
  • Ayah dan Bunda dapat menambahkan kisah keistimewaan penghuni surga yang dimuliakan oleh Allah, salah satunya dengan disiapkannya buah-buahan terbaik melebihi yang pernah ada di dunia.

 

🍏🍎🍊🍋🍇🍓🍈🍑🥭🍍🍌

 

#WordsInTheQuranChallenge
#QuranStorytelling
#KeluargaMuslim
#RamadanFamilyProject
#Cahyaloka
#LiterasiParenting
#LiterasiQuran
#GerakanLiterasi
#Literasi
#RamadanKarim
#DiRumahAja

 

Simak kisahnya di channel youtube berikut ini:

 

Reaksi anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Lihat Juga

angin

Angin

Words In The Qur’an Challenge hari ke-27 Angin adalah aliran udara dalam jumlah yang besar …

WhatsApp Kami