surga

Surga

Words In The Qur’an Challenge hari ke-20

Surga adalah sebuah tempat yang disediakan oleh Allah Azza wa Jalla khusus untuk hamba-hambaNya yang senantiasa melakukan kebaikan, taat dan juga bertakwa padaNya.

Luas surga itu seluas langit dan bumi, yang tanahnya berasal dari misik dan batu kerikilnya dari mutiara serta memiliki seratus tingkat yang jarak antara tingkatnya sejauh langit dan bumi.

Penghuni surga akan memakai pakaian dari sutra tebal yang indah, dengan gelang-gelang perak di tangan mereka.

Mereka tak akan pernah kekurangan makanan, karena penghuni surga paling rendah saja memiliki tiga ratus pelayan yang mendatangi mereka setiap pagi dan sore, dengan membawa tiga ratus piring emas berisi makanan dan tiga ratus bejana yang bagian awal dan akhirnya sama lezatnya.

Allah juga menyiapkan tenda/kemah yang terbuat dari mutiara, istana-istana yang diinginkan jiwa dan enak dipandang mata serta permadani-permadani dan bantalan-bantalan berwarna hijau nan indah.

Masya Allah, betapa indahnya kehidupan di surga yang sudah Allah siapkan untuk kita.

Karena itu ada empat golongan manusia yang dirindukan oleh surga, yaitu orang yang gemar membaca Al Quran, orang yang menjaga lisannya dari perkataan yang tidak baik dan tidak menyakiti orang lain, orang yang memberikan makan kepada yang sedang kelaparan dan orang yang berpuasa dibulan suci Ramadan.

Selain itu, dari Abu Ayyub Khalid bin Zaid al-Anshari ra, bahwasanya ada seseorang yang berkata: “Ya Rasulullah, beritahukan kepadaku amalan yang dapat memasukkan ku ke Surga serta menjauhkan diriku dari Neraka”, maka Nabi Muhammad SAW bersabda: “Hendaklah engkau beribadah kepada Allah dan janganlah menyekutukanNya dengan sesuatu apa pun, mendirikan sholat, menunaikan zakat, dan menyambung silaturahim.”

Demikianlah surga diceritakan dengan kebenaran yang tak terbantahkan, untuk menjadi penawar hati bagi kita yang senantiasa berjuang melakukan kebaikan di dunia meski jalan yang harus dilewati tidaklah mudah.

Wallahu’alam

📍 Sumber diskusi/berkisah:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal yang saleh bagi mereka surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; itulah keberuntungan yang besar.” (Surah Al Buruj [85]: 11)

Poin penjelasan:

  1. Bahwa amal baik yang kita lakukan akan mendapat ganjaran surga dari Allah Azza wa Jalla
  2. Di surga dimana sumber air (sungai-sungai) disediakan untuk kita dan semua keinginan kita akan dipenuhi oleh Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang

Aktivitas:

  • Ayah dan Bunda dapat menggali pengetahuan Ananda tentang surga
  • Ayah dan Bunda dapat menceritakan keindahan surga dan amal-amal apa saja yang menyebabkan kita mendapatkan surga agar Ananda semangat untuk berbuat banyak kebaikan

 

🏞️🏞️🏞️🏞️🏞️🏞️🏞️🏞️🏞️🏞️

 

#WordsInTheQuranChallenge
#QuranStorytelling
#KeluargaMuslim
#RamadanFamilyProject
#Cahyaloka
#LiterasiParenting
#LiterasiQuran
#GerakanLiterasi
#Literasi
#RamadanKarim
#DiRumahAja

 

Simak kisahnya di channel youtube berikut ini:

 

Reaksi anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Lihat Juga

angin

Angin

Words In The Qur’an Challenge hari ke-27 Angin adalah aliran udara dalam jumlah yang besar …

WhatsApp Kami