Sabtu , 19 Oktober 2019
Literasi Remaja

Membangkitkan Gairah Literasi Remaja Kota Tangerang Bersama Helvy Tiana Rosa

CAHYALOKA.COM Bendera, umbul-umbul dan beraneka atribut merah-putih semarak mewarnai Kota Tangerang dalam menyambut perayaan kemerdekaan yang memasuki usia ke-71 pada tahun ini. Seperti pada umumnya, tiap tahun hampir seluruh lapisan masyarakat menyambut momen ini dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan di lingkungannya masing-masing. Seringkali kegiatan-kegiatan tersebut sebagian besar melibatkan generasi muda sebagai pelaku aktifnya. Hal ini menandakan bahwa sesungguhnya  masih besar harapan mewariskan semangat cinta tanah air kepada generasi muda hari ini.

Sejalan dengan hal tersebut, Cahyaloka-Human Resource Development berkerjasama dengan Persaudaraan Masyarakat Tangerang (PERMATA) akan menggelar Workshop Literasi: “One Day I Wrote, Write For The Future”, sebagai hadiah perayaan kemerdekaan untuk remaja Kota Tangerang dan sekitarnya.

Bercermin pada keprihatinan tragedi nol buku di kalangan generasi muda hari ini, maka kegiatan ini digagas sebagai ikhtiar menjadikan Kota Tangerang  menuju kota literasi yang aktif di masa hadapan, mengikuti kemajuan sektor industrial yang tengah tumbuh dan berkembang saat ini.

Dengan mengusung semangat kemerdekaan yang membuncah, kegiatan ini akan melibatkan narasumber yang kompeten dibidang literasi, seperti Helvy Tiana Rosa, seorang Sastrawan dan Penggagas Komunitas Forum Lingkar Pena (FLP) yang sangat produktif dalam melahirkan karya-karya bernas jejal dengan inspirasi membangun, juga didukung oleh Annas Nashrullah, pemburu warta yang telah malang melintang menyusuri selasar dunia jurnalistik diberbagai media nasional, yang kini dedikasi terhadap jurnalismenya itu terpatri pada TINTAHIJAU.com yang ia pimpin.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di aula kantor Kecamatan Karawaci-Kota Tangerang dengan melibatkan siswa-siswi SMU/SMK se-Kota Tangerang, pada hari Sabtu, 27 Agustus 2016 Masehi.

Workshop #Literasi di Kota Tangerang ini yang dalam pelaksanaannya sejalan dengan program “Indonesia Membaca”, rencananya akan dijadikan sebagai pembuka untuk diadakannya kegiatan serupa di berbagai kota-kota besar lainnya. Semoga ikhtiar ini menjadi jalan untuk me-merdeka-kan paradigma para generasi muda masa kini dalam berperang melawan “tragedi nol buku” yang sedang menggurita di kaum muda Indonesia saat ini.

Bagi kalian yang berani, ayo segera bergabung bersama kami !
Salam Literasi !
Merdeka !

Reaksi anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Lihat Juga

Kelas Literasi Anak Depok II-2018

Bahasa Literasi Bahasa Cinta

CAHYALOKA.COM – Alhamdulillah #KelasLiterasiAnakDepok sudah berjalan di sesi ke-2. Sungguh upaya ini menjadi penting untuk …

WhatsApp Kami