Selasa , 16 Agustus 2022
luka batin ibu

Luka Batin Ibu

CAHYALOKA.COM – Sejak anak-anak dalam kandungan, selain menjadi sumber rasa aman ibu juga merupakan sumber eksplorasi kehidupan.

Tak heran jika ada pepatah yang mengatakan bahwa ibu adalah sekolah utama bagi anak-anaknya. Namun bagaimana jika ibu juga ternyata menjadi penyumbang siklus luka batin yang tak terungkapkan?

Mother wound adalah sebuah kondisi dimana seseorang menyimpan luka batin yang disebabkan kurangnya dukungan emosional dari ibu.

Hal ini bisa terjadi pada anak perempuan dan juga pada anak laki-laki.

Beberapa faktor penyebab terjadinya kondisi ini adalah karena pola asuh ibu yang kurang hangat, kurang terbuka, menggunakan kekerasan dalam bentuk apapun, sering mengkritik, mengabaikan, menelantarkan, dan lain-lain.

Pola seperti ini bisa terjadi karena ibu pernah mengalami pelecehan emosional dan juga fisik, kemudian tidak memproses trauma tersebut sehingga sulit membangun kedekatan emosional dengan anak secara sadar atau tidak meskipun mungkin ia merasa telah memenuhi kebutuhan materi anaknya.

Atau bisa juga dialami oleh ibu yang memiliki masalah kesehatan mental yang tidak diobati, pecandu alkohol dan obat-obatan serta zat adiktif yang membahayakan.

Yuk kita kupas bersama beberapa gaya parenting yang dapat menyebabkan mother wound pada video berikut:

Selamat menyaksikan…

 

Lihat Juga

tantrum

Dewasa Kok Tantrum?

Jika anak-anak cenderung tantrum dikarenakan keinginannya yang tidak terpenuhi, maka sedikit berbeda dengan orang dewasa, dimana orang dewasa cenderung mengalami tantrum dikarenakan ketidakmampuan mengatasi ketegangan atau emosi negatif yang dihadapinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *