Kamis , 13 Agustus 2020
Nabi Musa Membelah Laut

Laut

Words In The Qur’an Challenge hari ke-25

Laut adalah sistem perairan asin yang saling terhubung di bumi serta memiliki peran penting dalam siklus air, siklus karbon, dan siklus nitrogen.

Rasa asin air laut asalnya dari daratan, ketika hujan turun, air yang membawa mineral-mineral dari daratan akan meresap dalam tanah dan kemudian akan keluar melalui tanah menuju sungai sampai mencapai laut. Lalu saat air laut menguap, hanya airnya saja yang menguap tapi garam mineralnya tidak ikut menguap dan tetap tinggal di laut. Hal ini lah penyebab utama air laut asin.

Laut pada umumnya dibagi menjadi lima samudra besar yaitu: Samudra Atlantik, Pasifik, Hindia, Arktik dan Samudra Selatan.

Manfaat laut untuk kehidupan, diantaranya; tempat rekreasi dan sarana hiburan, pembangkit listrik, tempat hidup segala jenis sumber makanan, tempat keberadaan barang tambang, jalur transportasi air, tempat penyimpanan cadangan air, tempat pencaharian para nelayan, penyerap karbon dioksida (co2) serta sebagai pengendali iklim dunia.

Namun laut juga memiliki potensi sebagai sumber ancaman bencana seperti tsunami dan siklon tropis.

Allah Maha Berkuasa dengan penciptaan laut beserta manfaat dan potensi lainnya.

Allah perlihatkan kekuasaan itu melalui kisah Nabi Musa as, dimana Nabiyullah diberi kekuasaan untuk membelah laut dengan tongkatnya untuk menyelamatkan kaum beriman dari kejaran Fir’aun yang dzalim.

Wallahu’alam

📍 Sumber diskusi/berkisah:

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (Surah Al Baqarah [2]: 164)

Poin penjelasan:

  1. Allah yang menciptakan laut beserta macam-macam isinya
  2. Allah juga yang membuat semua kejadian yang terjadi di laut.

Aktivitas:

  • Ayah dan Bunda dapat menggali informasi tentang laut pada Ananda
  • Ayah dan Bunda dapat menambahkan pengetahuan lain yang berhubungan dengan laut
  • Ayah dan Bunda dapat menambahkan kisah nabi Musa yang oleh Allah diberi mukjizat membelah laut sebagai bukti kekuasaan Allah terhadap laut.

 

🌊🌊🌊🌊🌊🌊🌊🌊🌊🌊🌊

 

#WordsInTheQuranChallenge
#QuranStorytelling
#KeluargaMuslim
#RamadanFamilyProject
#Cahyaloka
#LiterasiParenting
#LiterasiQuran
#GerakanLiterasi
#Literasi
#RamadanKarim
#LailatulQadar
#DiRumahAja
#AhsabulKahfi

 

Simak kisahnya di channel youtube berikut ini:

Reaksi anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Lihat Juga

angin

Angin

Words In The Qur’an Challenge hari ke-27 Angin adalah aliran udara dalam jumlah yang besar …

WhatsApp Kami