Senin , 16 September 2019
kelas literasi anak

Literasi Anak Depok: Belajar Fiksi, Non Fiksi, Puisi dan Buat Blog Sendiri

CAHYALOKA.COM – Hari Sabtu pada akhir September, tepatnya tanggal 29 September 2018, aku mengikuti kelas literasi anak di Perpustakaan Depok. Mulanya, aku malu, dan tak punya teman yang ku kenal. Namun, aku berkenalan dengan anak yang bernama Danisya. Tepat jam 08.00 pagi, aku masuk ke Aula perpustakaan depok. Oh ya sebelumnya aku sudah pamit sama Ayah yang mengantarku, sebelum masuk ke aula. Di dalam aula, hawa terasa dingin. Aku pun mencari tempat duduk, dan mengambil buku yang di sediakan di sana.

Jam 9 Pagi, sambil menunggu teman-teman, aku bercerita tentang mengapa aku ikut kelas #literasi. Yakni supaya bisa membuat buku cerita seperti tulisan dalam majalah Bobo. Setelah teman teman sudah lengkap maka acara dimulai dengan membuat cerita non fiksi seperti membuat dongeng, yang dipandu Kak Galuh, sampai dengan pukul 12.00. Akhirnya diselingi sholat dan makan. Dilanjutkan 13.00 WIB dengan pelajaran Fiksi yang dipandu Kak Kiko, mempelajari kehidupan yang nyata. Dengan cara, menulis kejadian sehari hari di kertas kosong. Pukul 14.00 WIB, sambil menunggu teman teman yang belum selesai mengerjakan tugas, kita berfoto foto di aula. Selesai jam 15.00 tepat.

Bulan berganti Bulan Oktober, tepat , hari sabtu akhir Oktober tanggal 27 Oktober 2018, aku kembali belajar kelas literasi untuk belajar membuat email dan blog yang dipandu oleh Kak Pita.

Aku sudah berusaha membuat email dengan namaku sendiri, tetapi umurku tidak cukup untuk membuat email sendiri. Akhirnya aku memakai email mamaku di HP nya yang saya pinjam. Setelah email sudah jadi, aku membuat blog yang berjudul “Maria dan Zakiyah”. Belajar blog dari jam 09.00 s/d 12.00. Seperti biasa, diselengi sholat dan makan. Pukul 13.00 WIB, Aku belajar tentang puisi yang dipandu oleh Kak Iggit. Setiap anak diminta membaca puisi yang dibawa. Selanjutnya anak anak diminta membuat puisi sendiri. Aku membuat puisi yang berjudul “Bunga”:

Bunga
Bunga, Kau bagaikan parfum
Bunga, Kau mempunyai bunga banyak warna
Bunga, Kau adalah fotosintesis
Bunga, aku suka harummu
Dan kau adalah wangi kesukaanku

 

Oleh: Maria Kamma Shofia

 

#KelasLiterasiAnakDepok

Reaksi anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Lihat Juga

Hakikat Hidup

Hidup adalah Masa Karya

CAHYALOKA.COM – Setiap kita diberi rentang waktu yang kemudian kita sebut umur, untuk berkarya. Harga …

WhatsApp Kami