Sabtu , 19 Oktober 2019
literasi anak

Merdeka Dengan Menulis!

CAHYALOKA.COM – Hampir tak percaya #KelasLiterasiAnakDepok batch 2 telah melewati separuh lebih dari keseluruhan jadwal yang telah dipersiapkan sejak awal program.

Materi demi materi telah tersampaikan dalam kelas-kelas terpisah dengan fasilitator yang mendampingi. Wajah-wajah peserta yang penuh antusias adalah salah satu alasan mengapa program ini harus tetap dipertahankan.

Di bulan kemerdekaan negeri tercinta kita ini, para peserta telah masuk ke sesi yang ke-4 dengan tema materi tentang sastra (kelas dasar) dan juga materi pengenalan tokoh (kelas lanjutan).

Sejenak dalam kurun waktu kurang lebih tiga jam, mereka berhasil keluar dari ‘gadget’ kesayangannya untuk fokus membuat tulisan-tulisan yang berasal dari ide, pikiran dan perasaan mereka sendiri.

Mereka ‘merdeka’ mendefinisikan riuhnya gagasan-gagasan yang selama ini berkecamuk dalam kepala dan hati mereka sesuka yang mereka inginkan.

Mereka ‘merdeka’ sementara dari ketertindasan zaman yang selama ini telah berhasil memaksa mereka hidup dalam dunia yang tak nyata yang ada pada sebuah benda kecil kotak pipih yang melenakan.

Paling tidak… Mereka ‘merdeka’ menjadi diri sendiri pada untaian kata yang mereka ciptakan.

Di pertemuan ke-empat ini, semoga dapat menambah pengalaman para peserta untuk mengeksplorasi bahwa dirinya adalah sosok merdeka yang tak bisa dijajah oleh warisan mainstream tentang pendidikan fabrikasi yang hanya memproduksi manusia-manusia industri dengan bentuk yang sama.

Semoga mereka sampai pada kesadaran bahwa membangun negeri ini tak perlu menunggu lulus sekolah namun bisa dimulai dari sekarang, yakni sejak kata per kata tulisan ‘merdeka’ yang mereka hasilkan, telah mereka kirim pada pikiran-pikiran para pembacanya.

Salam, Merdeka !

 

 

Reaksi anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Lihat Juga

literasi anak

Kelas Literasi Anak Depok: Kelas Perdana Batch 2

CAHYALOKA.COM – Bertempat di Tibumi Rumah Kopi, Kota Depok, pada hari sabtu, 27 April 2019, …

WhatsApp Kami