bercerita

Menghidupkan Literasi Lisan Yang Menyenangkan di Rumah part #2

CAHYALOKA.COM – Di video sebelumnya (Menghidupkan Literasi Lisan Yang Menyenangkan di Rumah part #1) telah dibahas dengan sangat detail pengertian bercerita, jenis dan ragam serta contoh-contohnya.

Kali ini kita kupas tuntas ya kenapa metode bercerita menjadi penting untuk kembali dihidupkan dalam rumah-rumah yang merindukan kehangatan.

Pertama karena metode cerita/kisah adalah metode yang diajarkan langsung oleh Allah Azza wa Jalla karena tidak menggurui. Manusia diharapkan dapat mengambil hikmah dari 2/3 kisah yang tersebar di Al Qur’an sebagai pedoman hidup.

Selanjutnya karena cerita dapat menumbuhkan karakter positif yang membekas sekaligus menjadi hikmah solusi atas permasalahan yang dihadapi manusia

Yang menarik tentang metode ini adalah ketika seorang psikolog sosial, David McCLelland menemukan dalam risetnya bahwa pertumbuhan ekonomi maju di Inggris salah satunya disebabkan terpeliharanya budaya bercerita dengan tema-tema motivasi berprestasi tinggi sejak dulu kala.

Cerita-cerita rakyat khas Inggris yang diwarnai pesan moral semangat berprestasi telah melekat dan menjadikan masyarakatnya memiliki etos kerja tinggi.

Sebegitu dahsyatnya efek cerita yang dibudayakan dalam sebuah sistem kemasyarakatan, maka dengan banyaknya kisah dan cerita kearifan lokal khas bangsa Indonesia, sudah sepatutnya budaya ini dapat dihidupkan kembali hari ini dalam rumah-rumah ramah impian kita.

Selamat bercerita, selamat menanam benih peradaban yang gemilang.

#KelasBerceritaDasar
#ApaItuCerita
#Storytelling

WhatsApp Kami