Mengedukasi Generasi Akhir Zaman

CAHYALOKA.COM Carut-marutnya kondisi Umat Islam hari ini adalah merupakan gambaran bahwa kita telah memasuki gerbang akhir zaman. Namun demikian, tak banyak yang mengetahui ataupun percaya akan kabar penting ini, terutama oleh sebagian besar generasi penerus Umat Islam yang saat ini tengah “dinina-bobokan” oleh bayang-bayang ilusi modernitas yang tak terbatas. Sementara, kelanjutan estafeta risalah Kenabian sesungguhnya ada pada pundak mereka hingga masa wafatnya seluruh Umat Islam tiba di penghujung zaman kelak.

Untuk kembali menyadarkan akan situasi tersebut, perlu adanya kesinambungan edukasi yang intensif kepada generasi penerus Muslim tentang situasi dan kondisi Umat Islam hari ini sebagai informasi untuk bersikap lebih waspada dalam mengambil keputusan saat menyelesaikan permasalahan yang ada.

Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (#KNRP) merupakan lembaga yang memiliki kepedulian terhadap isu Palestina, KNRP telah mengambil langkah yang sangat tepat dengan menggulirkan program-program sosial terbaiknya kepada masyarakat Indonesia untuk menjaring donasi yang akan disalurkan kepada Umat Muslim Palestina yang sedang tertindas oleh penjajahan bangsa Israel. [Baca: Segenggam Bara Muda dari Kesatria Islam Kabupaten Kuningan]

Salah satu program yang cukup menarik adalah penggalangan dana yang dibarengi dengan kegiatan roadshow bercerita tentang kondisi Palestina kepada para pelajar baik tingkatan TK hingga SMA di seluruh pelosok nusantara. Melalui roadshow ini, KNRP menggandeng relawan story teller sebagai juru bicara yang akan menyampaikan gambaran apa yang tengah terjadi saat ini di negeri tempat Kiblat pertama Umat Muslim seluruh dunia. Sebagian besar pelajar yang terpapar ternyata belum begitu menyadari akan kondisi ini. Sehingga banyak yang masih terlena dengan kenikmatan dunia sesaat hingga kehilangan rasa kepedulian terhadap penderitaan sesama saudara se-iman. Padahal, Rasulullah Saw. meyampaikan bahwa sesama Muslim itu bersaudara, bagaikan bagian anggota tubuh yang mana jika salah satu terasa sakit maka yang lain pun ikut merasakan.

Penggalangan dana tersebut tentu saja bukan menjadi tujuan utama dari diadakannya program roadshow bersama story teller ini. Sebab, yang paling penting dari perjalanan program ini adalah menumbuhkan rasa kepedulian dan wawasan terhadap berbagai peristiwa yang menimpa Umat Muslim dunia kepada generasi penerus Muslim hari ini.

Mengapa rasa kepedulian ini harus ditumbuhkan sedini mungkin? Agar pada saatnya nanti akan tumbuh generasi yang mencintai Allah dan Allah pun mencintai mereka, yang tak gentar menegakkan panji-panji kebenaran dan keadilan dimuka bumi ini dalam barisan-barisan yang rapat.

Sudah waktunya kita “bangunkan” semangat kesatuan yang terlelap dalam dada-dada generasi penerus Muslim, yang selanjutnya agar nilai-nilai kesejatian hidup akan kuat mengakar menggantikan nilai-nilai individualistis, apatis dan pragmatis akibat terkecoh memaknai kebahagian dalam menjalani kehidupan.  

 

#SavePalestina !

 

[Aksi Peduli Palestina bersama KNRP Kab. Kuningan Jawa Barat, 03 Desember 2016]
Reaksi anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Lihat Juga

regenerasi-semangat-aksi-212-melalui-literasi

Regenerasi Semangat Aksi 212 Melalui Literasi

CAHYALOKA.COM – Atas dasar logika yang mana, jutaan orang rela berkumpul hanya untuk silaturahmi satu …

WhatsApp Kami