Minggu , 5 Desember 2021
pelecehan dan kekerasan seksual pada anak

Stop Kekerasan dan Pelecehan Seksual Pada Anak

CAHYALOKA.COM – Tindakan kekerasan pada anak di bawah umur apalagi yang berupa pelecehan sangat berpeluang meninggalkan trauma bagi korban.

Dampak yang ditimbulkan dari trauma ini terkadang tak hanya selesai seumur masa tahanan pelaku habis. Lebih dari itu, bahkan ini bisa memberi pengaruh di sepanjang hidup korban.

Pedofilia adalah tindak perilaku kelainan seksual yang dilakukan oleh seseorang yang menjadikan anak-anak sebagai obyek seksualnya.

Dalam kategori penyimpangan seksual, pedofilia ini masuk dalam kategori parafilia, yaitu penyimpangan seksual dimana obyek seksual yang diminatinya secara umum atau secara normal seharusnya tidak membuat seseorang memiliki hasrat seksual terhadap obyek tersebut.

Karena keganjilan inilah, perilaku pedofil ini dianggap sebagai sebuah penyimpangan.

Karena ini adalah sebuah penyimpangan, sudah seharusnya membutuhkan intervensi agar penyimpangan ini bisa diperbaiki dan pelaku dapat mengontrol perilakunya menjadi lebih adaptif sesuai dengan norma dan moral yang berlaku.

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang menjadi pelaku pedofil. Diantara yang paling berpengaruh adalah faktor lingkungan.

Seseorang yang pernah menjadi korban pelecehan di masa kecilnya seringkali merasa bersalah, tak berdaya, malu bahkan dendam. Ketika seluruh perasaan itu tidak diatasi, baik dengan melakukan konseling atau terapi psikologis maka dapat menyebabkan siklus berulang yang membuat korban melampiaskan seluruh perasaan itu dengan membalasnya pada obyek yang sama.

Terbukanya akses tontonan pornografi yang bebas tanpa pengawasan sehingga menjadi kecanduan, juga dapat menjadi pendorong seseorang melakukan pedofilia.

Terkadang hal itu terjadi bukan karena pelaku semata-mata menyukai anak-anak tapi bisa jadi hanya karena adanya kesempatan yang luas untuk melakukannya dengan obyek seadanya. [gkw]

Selengkapnya, yuk kita kupas satu persatu pada video berikut:
Selamat menyaksikan…

 

 

Lihat Juga

ibu

Menunggu Ibu

Kapanpun itu, anak-anak akan selalu menunggu waktu-waktu terbaiknya bersama sang Ibu. Sejak dalam kandungan… Bahkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *