Sabtu , 19 Oktober 2019

One Day I Wrote, Write For The Future

“Ikatlah ilmu dengan menuliskannya.” [SaYyidina Ali bin Abi Thalib]

CAHYALOKA.COM – Pukul 7.30 wib, Sabtu 26 Desember 2015 Masehi, dua orang anak perempuan kelas 8 sebuah sekolah, sudah sibuk mondar-mandir di depan kesekretariatan Cahyaloka-Human Resources Development (Cahyaloka-HRD). Tak lama kemudian, satu persatu peserta “Kelas Menulis Anak Liburan” Cahyaloka semakin banyak berdatangan dengan berbagai ekspresi wajah yang berbeda. Ada yang penuh rasa ingin tahu, ada yang sedikit khawatir namun juga banyak yang sudah tidak sabar menanti kegiatan kelas menulis ini segera dimulai.

Cahyaloka-HRD yang digagas sebagai salah satu alternatif pusat belajar non-formal dengan tujuan peningkatkan kapasitas diri, memanfaatkan momentum liburan sekolah akhir Tahun Masehi dengan membuka kelas menulis anak liburan secara gratis. Diluar dugaan, dari estimasi peserta yang semula sekitar kurang lebih hanya 25 peserta saja, ternyata seiring waktu berjalan hanya dalam waktu empat hari sudah membludak hingga sekitar 70 peserta yang mendaftar. Dengan terpaksa panitia harus menutup pendaftaran agar kelas menulis berjalan lebih efektif.

Kelas ini dibuka sesuai jadwal pada pukul 09.00. Peserta yang mengikuti kegiatan ini dibagi menjadi tiga kelompok besar. Kelompok A untuk siswa level 6-8, Kelompok B untuk siswa level 3-5, dan kelompok C untuk siswa level 1-2. Materi yang disampaikan pada kelas menulis liburan kali ini, dibagi menjadi 4 sesi. Sesi pertama membahas tentang struktur kalimat, dilanjut sesi kedua membahas tentang unsur cerita yang terdapat dalam film sederhana dan pendek, sesi ketiga tentang menggali ide cerita, lalu kelas menulis hari ini ditutup dengan sesi “oleh-oleh”, dimana peserta diminta untuk membuat cerita pilihan bertema Aku dan keluargaku atau aku dan cita-citaku, untuk diberikan sebagai oleh-oleh kepada orang tuanya di rumah. Adapun pembagian kelas dilakukan untuk membedakan metode pembelajaran dimasing-masing kelompok usia agar materi dapat lebih diterima.

Kelas menulis anak liburan ini akhirnya selesai dengan banyaknya permintaan peserta untuk dapat melanjutkan sesi di kelas yang lebih rutin. Dengan demikian pembukaan kelas menulis reguler yang bertajuk “Creative Writing Class For Kids” menjadi perlu untuk segera terealisasikan sebagai sebuah solusi terhadap penyaluran semangat menulis para peserta.

Selamat berpetualang dan berkreasi meramu berbagai macam cerita/kisah melalui imajinasi tanpa batas setelah kelas ini berakhir. Sampai bertemu di lain kesempatan.

Salam #Literasi !

Reaksi anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Lihat Juga

Kelas Literasi Anak Depok II-2018

Bahasa Literasi Bahasa Cinta

CAHYALOKA.COM – Alhamdulillah #KelasLiterasiAnakDepok sudah berjalan di sesi ke-2. Sungguh upaya ini menjadi penting untuk …

WhatsApp Kami