kelas literasi anak

Kelas Literasi Anak Depok

Assalamualaikum…

Aku mau berbagi cerita lagi nih, tentang kelas Literasi Anak Depok. Kelas Literasi Anak itu adalah kelas untuk belajar menulis, kelas ini dilakukan sebanyak empat kali, setiap sebulan sekali. Bulan September, Oktober, November dan Desember. Aku didaftarin sama Umi, terus aku ajak temanku, Nayla.

Pada tanggal 29 di Hari Sabtu Bulan September 2018, kami pergi ke Kantor Walikota Depok dan belajar di Aula Perpustakaan Kota Depok. Pertama-tama kami melakukan perkenalan terlebih dahulu bersama Kak Galuh, yang menjadi fasilitator Kelas Literasi Anak Depok, lalu kami diajarkan tentang Penulisan Fiksi dan Non Fiksi. Fiksi adalah cerita berdasarkan khayalan, dongeng, atau imajinasi, sedangkan Non Fiksi adalah cerita berdasarkan fakta atau kenyataan. Tengah hari kami melakukan istirahat Shalat Dzuhur dan makan siang bersama. Berikutnya kami diberi tugas untuk membuat cerita tentang Fiksi dan Non Fiksi. Menjelang usai acara kami berfoto bersama dan memakan snack yang diberikan sambil membaca buku. Oh iya kami diperkenankan membawa snack boks masing-masing lho, setelah selesai kami pun pulang ke rumah masing-masing.

Nah di pertemuan kemarin, kami belajar mengenai blogger dan puisi. Aku punya blog lho, URL blogku adalah https://nazma.me sementara blognya Nayla temanku itu beralamat di http://nayla-world.blogspot.com. Kak Pita, Kak Galuh, dan kakak-kakak fasilitator lainnya selalu mendampingi kami ketika membuat blog. Kami membuat blog dengan memakai laptop atau handphone masing-masing, kebanyakan dipinjamkan oleh orangtua. Tugas tersebut kami buat secara berkelompok yang terdiri dari dua orang anggota, teman satu kelompokku bernama Khansa.

Hmm… membuat blog memang susah sih… tapi seru banget! Setelah Shalat Dzuhur dan makan siang, kami belajar tentang puisi, dan diberi tugas untuk membuat sebuah puisi. Aku menulis puisi yang bertemakan Ayah. Kami pun mengumpulkan tugas hari itu juga dan diberi PR membuat puisi dengan tema alam sebelum kami pulang ke rumah masing-masing. Tunggu ceritaku pada sesi tanggal 1 Desember nanti ya… kabarnya kami akan diajari membuat vlog yang bermanfaat, dan tempatnya tidak lagi berada di Kantor Walikota lho, tapi kami akan belajar di Cafe!

Kesanku tentang Kelas Literasi Anak Depok adalah… seru… banget! Terus di sana itu kakak-kakaknya baik banget dan lucu-lucu. Kalau pesanku, tempatnya yang berbeda-beda dong kak, terus kegiatan Literasi Anak Depok-nya sering diadakan lagi. Itu aja deh kak! Bye semua… Wassalamualaikum.

[Nazma]

 

Sumber: Nazma Diary

Reaksi anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Lihat Juga

Hakikat Hidup

Hidup adalah Masa Karya

CAHYALOKA.COM – Setiap kita diberi rentang waktu yang kemudian kita sebut umur, untuk berkarya. Harga …

WhatsApp Kami