Minggu , 5 Desember 2021

Menarik! 5 Hadist ini Cocok untuk Remaja


Masa remaja merupakan masa peralihan dari anak anak menuju dewasa, dimana mereka telah memiliki keinginan bebas untuk menentukan nasibnya sendiri. Namun, perlu digaris bawahi bahwa remaja yang terarah dengan baik maka akan menjadi seorang individu yang baik begitupun sebaliknya jika mereka tak di bimbing dengan baik maka akan menjadi seorang yang tak memiliki masa depan yang baik.


Sesungguhnya permasalahan yang dihadapi oleh remaja zaman ini telah ada solusinya dalam islam. Islam merupakan agama yang sempurna dengan segala aturan, termasuk juga yang menyangkut banyaknya permasalahan remaja sekarang.
Pada Artikel ini saya akan mengulas 5 hadist yang cocok untuk Remaja..

1. Gitu aja Marah !
“ Seorang laki-laki berkata kepada Nabi saw “Nasihatilah saya”. Beliau bersabda,” Janganlah kamu marah”. Orang itu berkali-kali meminta nasihat kepada nabi, tetapi beliau tetap menjawabnya “Jangan lah kamu marah”. (HR. Bukhari)

Masa Remaja diidentikan dengan Seseorang yang masih Labil dan Perasa terhadap apapun yang terjadi pada dirinya,terlebih jika ada yang mengusik kehidupannya tak segan ia untuk langsung marah. Padahal marah adalah sesuatu yang di benci Allah swt dan ayat Al-quran sudah menjelaskan Balasan orang yang menahan marahnya adalah surga “ La Taghdob wa lakal Jannah”.

2. Jangan mojok berdua,dong!
“ Seorang laki-laki tidak boleh berdua-duaan dengan seorang wanita kecuali ia disertai muhrimnya.(HR.Bukhari dan Muslim).

Rasulullah saw melarang orang yang berlainan jenis (laki-laki dan perempuan ) duduk berdua-duaan. Sebab setan akan mencari seribu satu jalan untuk menjerumuskan nereka ke dalam perbuatan dosa tanpa mereka sadari. Hal ini banyak terjadi dikalangan remaja yang tengah dimabuk asmara, Tak ada sekat diantara mereka dan hadist ini menjadi Perintah yang harus dilaksanakan agar tidak terjadi Penyimpangan pada remaja.

3. Indahnya Berbagi
“ Tangan di atas (pemberi) lebih baik daripada tangan di bawah (peminta) Mulailah memberi dari orang yang berada di bawah tanggunganmu.” (HR.Bukhari dan Muslim).

Dengan sabdanya ini Rasulullah saw memberi motivasi agar Remaja menjadi orang yang suka memberi bukan peminta-minta. Memberi mempunyai kekuatan luar biasa dalam mendatangkan kebahagiaan. Memberi bukan saja membahagiakan orangyang diberi, bahkan orang yang meberi akan merasakan kebahagiaan orang yang diberi.

4. Tato No Way!
“ Rasulullah saw mengutuk wanita yang membuat tato dan yang meminta dibuatkan tato”. ( HR. Bukhari dan Muslim)

Orang-orang yang bertato biasanya identik dengan orang jahat. Coba saja perhatikan pada berita-berita kejahatan di layar televisi. Setiap penjahat yang tertangkap pasti tubuhnya dipenuhi dengan tato. Untuk para remaja baik laki-laki maupun perempuan jangan sampai meniru perbuatan ini. Ingatlah sabda Rasulullah saw. Bahwa beliau mengutuk( artinya, beliau benar-benar marah) kepada kaum yang memakai tato dan yang meminta dibuatkan tato.

5. Ih… Malu Dong!!
Malu sebagian dari iman. (HR.Bukhari dan Muslim)

Rasa malu mempunyai kedudukan yang tinggi dalam islam, sampai-sampai Rasulullah saw menjadikannya sebagai bagian dari iman. Yang terjadi pada Remaja zaman sekarang adalah mereka banyak yang tidak mempunyai rasa malu terhadap dirinya sendiri maupun lingkungannya. Contoh konkret yang banyak kita temui yaitu Remaja tidak meraa malu berpegangan tangan dengan orang yang berlainan jenis, Perempuan Memakai pakaian yang tidak tertutup dan Merokok di tempat umum. Rasulullah menjelaskan bahwa rasa malu dengan iman bagaikan dua tanduk yang tidak bisa dipisahkan. Artinya jika rasa malu sudah benar-benar hilang maka iman pun akan hilang.

Berikut adalah 5 hadis yang cocok untuk remaja, semoga pembaca dapat mengambil manfaat. Sekian dan terimakasih.

Penulis : Nasroh Ainun Qolbiyah

Lihat Juga

“Fun Bike, Olahraga Favorit Di Tengah Pandemic Ini Bisa Menambah Banyak Teman Baru.”

Mens sana in corpore sano sebuah kalimat menarik yang berarti dalam tubuh sehat terdapat jiwa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *