Minggu , 5 Desember 2021

“ 4 Kesalahan Dalam Mendidik Anak, Yang Jarang Disadari.”


Anak adalah anugerah dari tuhan yang maha kuasa dan merupakan tanggung jawab sebagai orang tua untuk mendidiknya. Mendidik seorang anak adalah suatu perbuatan yang harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Dalam prakteknya, tak jarang para orang tua menemukan kesalahan. Berikut ini adalah 5 kesalah orang tua daam mendidik anak. Semoga allah memberikan maunah (pertolongan)-nya kepada kita untuk dapat mejauhi dan menunjukan kebenaran kepada kita.
1. Perbuatan pendidik tidak sesuai dengan ucapannya.
Seorang anak adalah pencotontoh yang baik, apabila seorang pendidik tidak melakukan apa yang diucapkannya. Tentu hal itu akan berdampak buruk terhadap anak tersebut. Tindakan ini akan berpengaruh kepada mental dan perilaku anak. Allah swt. Mencela perbuatan ini ini sebagaimana dalam firmannya.
Wahai orang-orang yang beriman, mengapakah kamu mengatakan sesuatu yang tidak kamu kerjakan? Amat besar kebencian di sisi allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.” (qs ash-shaff: 2-3).

2. Kurang mengurus anak dengan alasan sibuk
Kesibukan orang tua seringkali jadi alasan yang digunakan orang tua untuk tidak memiliki waktu mengurus anak. Padahal, setiap masa tumbuh kembang anak tidak dapat terulang dan mereka amat embutuhkan sosok dan peran orang tua dlam tumbuh kembangnya. Kurang mengurus anak dapat menjadi kesalahan fatal dikemudian hari apabila si anak merasa kehilangan sosok orang tua dan lebih memiih mencari penggantinya di tempat lain.
3. Mengharapkan hal yang tidak realistis pada anak
Mengharapkan hal yang tidak realistis terhadap anak sebenarnya dapat memunculkan masalah pada orang tua itu sendiri. Misalnya mengharapkan seorang anak memiliki kecerdasan yang mutlak sama dengan anak lainnya. Hal itu dapat menjadikan anak merasa bahwa dirinya tidak dihargai dengan segala keunikan yang ada pada dirinya
4. Kritik berlebihan dan gemar membandingkan
Para orang tua terkadang tak menyadari hal ini seringnya menjadi penyebab anak memiliki mental lemah dan mudah minder sehingga anak tdak memiliki kepercayaan diri dan mental yang baik. Sesederhana meminta anak lebih baik dari anak lain adalah hal yang kurang patut dilakukan, sebab setiap anak memiliki kelebihan dan keunikannya masing-masing.
Berikut adalah 4 kesalahan yang tanpa disadari berakibat fatal terhadap anak. Semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

Penulis : Siti Nur Islaila

Lihat Juga

“Fun Bike, Olahraga Favorit Di Tengah Pandemic Ini Bisa Menambah Banyak Teman Baru.”

Mens sana in corpore sano sebuah kalimat menarik yang berarti dalam tubuh sehat terdapat jiwa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *