Rabu , 20 Februari 2019
Literasi Parenting-Gita Romadhona

Literasi Parenting: Keluarga Yang Membaca

CAHYALOKA.COM – Selain peluncuran buku kompilasi ‘Petualangan di Hutan’ dalam acara ‘Literasi Fair’, juga digelar sebuah talkshow tentang ‘Literasi Parenting’ yang bertajuk ‘Keluarga Yang Membaca’. Talkshow ini dipersembahkan untuk orang tua peserta dan juga masyarakat umum. Tujuannya adalah untuk memberikan wawasan pentingnya membangun sebuah sistem keluarga berdasarkan budaya literasi yang kuat dan mengakar sebagai pintu menuju bangsa yang maju dan beradab.

Sebagai narasumber dalam talkshow ini adalah Mbak Gita Romadhona, pimpinan redaktur penerbit ‘Kata Depan’ yang telah memiliki pengalaman menulis beberapa buku dan menjadi editor ratusan buku sejak tahun 2008 silam.

Menurut Mbak Gita, untuk menghadirkan budaya baca yang berkelanjutan dalam sebuah keluarga, maka yang harus berperan lebih dahulu adalah orang tua. Akan sangat sulit menginginkan anak mencintai buku jika orang tua sendiri tidak suka membaca buku. Semakin terbiasa melakukannya bersama-sama anggota keluarga, maka akan semakin tumbuh kecintaan terhadap kegiatan membaca. Mencintai berawal dari kebiasaan yang ditumbuhkan, bukan dipaksakan.

Mbak Gita juga menjelaskan langkah awal yang bisa ditempuh untuk menumbuhkan minat baca adalah dengan rajin membacakan cerita, konsisten menunjukkan aktivitas membaca menyenangkan, mengajak bercerita tentang buku yang dibaca, menjadikan toko buku dan perpustakaan sebagai tempat yang menyenangkan. Beliau juga mengatakan bahwa untuk bisa menjadi penulis yang konsisten maka seseorang harus ‘rakus’ membaca. Karena dengan bacaan tersebut, tulisannya akan semakin berkembang luas dan lebih baik.

Talkshow ini hanya berlangsung selama kurang lebih satu setengah jam. Namun tak mengurungkan semangat dan antusias peserta untuk mengulik lebih jauh lagi cara-cara yang tepat membudayakan literasi yang mengakar di rumah masing-masing. Hal ini terbukti dari sederet pertanyaan yang diajukan peserta pada saat sesi tanya jawab dibuka.

Acara pun selesai tepat pukul 11.45 wib sesuai denga jadwal yang telah direncanakan. Meski masih banyak menyimpan pertanyaan, namun perbincangan santai tapi serius dalam ‘talkshow’ ini sedikit banyak telah memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana caranya membangun sebuah sistem keluarga yang kuat berlandaskan budaya #literasi yang mengakar.

Sampai berjumpa di kegiatan selanjutnya !

 

[red]
Reaksi anda atas artikel ini?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid

Lihat Juga

stop bullying start empathy

STOP BULLYING: Memutus Mata Rantai Perundung (Bullyers)

CAHYALOKA.COM – Lagi dan lagi, setiap ajaran baru selain berita tentang semaraknya serba-serbi hari pertama …